PENGARUH SPIRITUALITAS TERHADAP PERILAKU BELAJAR SISWA

Deni, Mbeo and Melyarmes H, Kuanine (2019) PENGARUH SPIRITUALITAS TERHADAP PERILAKU BELAJAR SISWA. Jurnal Sesawi, 1 (2). pp. 93-101.

Full text not available from this repository. (Request a copy)

Abstract

Spiritualitas mempunyai pengaruh yang vital terhadap perilaku belajar siswa. Spiritualitas siswa harus mempunyai dasar yang kokoh sehingga menghasilkan perilaku yang baik. Siswa sering kali berperilaku buruk terhadap teman, orang tua, guru bahkan diri sendiri karena diakibatkan oleh spiritualitas siswa yang tidak berkembang dengan baik. Demikian juga halnya dalam belajar, siswa yang memiliki spritualitas dapat memiliki perilaku yang baik. Perilaku belajar tersebut merupakan salah satu faktor yang pentingdalam proses pembelajaran.Spiritualitas sebagai dorongan akan kesadaran dalam meningkatkan belajar.Spiritualitas akan mempengaruhi perilaku belajar siswa ke arah positif, karena siswa menyadari pentingnya setiap proses pembelajaran. Tujuan penulisan artikel ini untuk mengetahui pengaruh spiritual terhadap perilaku belajar siswa.Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif sedangkan teknik pengumpulan data yang digunakan yakni teknik observasi dan angket terhadap siswa yang menjadi responden dalam penelitian. Pelaksanaan penelitian di Sekolah Dasar Teologi Kristen Pelita Permai-Surabaya, dengan jumlah responden 51 siswa. Hasil penelitian menunjukkan terdapat pengaruh spiritulitas terhadap perilaku belajar siswa 80 persen. Hal ini dapat diartikan bahwa, apabila pengaruh spiritualitas dan perilaku belajar siswa adalah 70 persen. Selanjutnya, dari hasil perhitungan uji hipotesis diketahui nilai t hitung = 13,486 dengan nilai signifikansi 0,000 < 0,05, dengan demikian dari tabel tersebut menunjukkan H0 ditolak dan H1 diterima, sehingga menunjukkan kedua variabel sangat berpengaruh dan signifikan antara Pengaruh Spiritualitas (X) terhadap Perilaku Belajar Siswa (Y). Kesimpulan yang dapat ditarik dari upaya penelitian ini bahwa spiritualitas memiliki pengaruh sangat kuat atau signifikan terhadap perilaku belajar siswa dalam pembelajaran PAK di Sekolah Dasar Teologi Kristen Pelita Permai-Surabaya.

Item Type: Article
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BR Christianity
B Philosophy. Psychology. Religion > BX Christian Denominations
Divisions: Fakultas Arsitektur, Desain, dan Perencanaan > Pendidikan Agama Kristen
Depositing User: Unnamed user with email info@sttsabdaagung.ac.id
Date Deposited: 01 Mar 2022 06:12
Last Modified: 01 Mar 2022 06:12
URI: http://repository.sttsabdaagung.ac.id/id/eprint/22

Actions (login required)

View Item View Item