PERAN GURU PENDIDIKAN AGAMA KRISTEN DALAM MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA MENURUT ULANGAN 6:4-9

Paulina, Poka Rehi (2023) PERAN GURU PENDIDIKAN AGAMA KRISTEN DALAM MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA MENURUT ULANGAN 6:4-9. Other thesis, Sekolah Tinggi Teologi Sabda Agung.

Full text not available from this repository.

Abstract

Dalam Pendidikan Agama Kristen (PAK), keaktifan belajar siswa merupakan hal yang sangat penting karena keaktifan belajar siswa sangat mempengaruhi hasil belajarnya. Ada berbagai faktor penyebab keaktifan belajar siswa baik faktor internal yang berasal dari dalam diri siswa sendiri maupun factor eksternal yang berasal dari luar diri siswa termasuk guru. Itulah sebabnya, guru PAK sangat berperan meningkatkan keaktifan belajar siswa. Tetapi, tidak semua guru PAK memahami perannya dalam meningkatkan keaktifan belajar siswa, sehingga prestasi belajar siswa rendah. Dalam Ulangan 6:4-9, tersirat peran guru PAK dalam peningkatan keaktifan belajar siswa. Dengan demikian, tujuan penulisan skirpsi ini adalah supaya para guru PAK menjalankan perannya dalam meningkatkan keaktifan belajar siswa menurut Ulangan 6:4-9. Metode yang digunakan dalam penelitian skripsi ini adalah metode penelitian kualitatif teologis. Data diperoleh melalui kajian pustaka yang berkaitan dengan pembahasan tentang peran guru PAK dalam, peningkatkan keaktifan belajar siswa, dengan menganalisa ayat-ayat Alkitab dari Ulangan 6:4-9, serta ayat-ayat referensi lainnya yang berkaitan dengan pembahasan dan penerapan peranan guru PAK. Berdasarkan hasil penelitian, penulis menemukan: spesifikasi peran guru PAK dalam meningkatkan keaktifan belajar siswa menurut Ulangan 6:4-9, yang terdiri dari: memberi teladan hidup, mengajar berulang-ulang dengan metode variatif dan menanamkan prinsip Teosentris pada siswa. Sedangkan peningkatan keaktifan belajar siswa menurut Ulangan 6:4-5 adalah mendengar secara aktif dan mengasihi Tuhan dengan segenap hati, jiwa dan kekuatan. Dengan demikian, penerapannya adalah guru PAK wajib menjalankan tugas dan fungsinya untuk meningkatkan keaktifan belajar siswa. Kata Kunci: Peran Guru PAK, Keaktifan Belajar Siswa.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Peran Guru PAK, Keaktifan Belajar Siswa.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Depositing User: Unnamed user with email info@sttsabdaagung.ac.id
Date Deposited: 16 Mar 2023 06:52
Last Modified: 16 Mar 2023 06:52
URI: http://repository.sttsabdaagung.ac.id/id/eprint/53

Actions (login required)

View Item View Item