APLIANA, LEILU LAKA (2023) PENGARUH KETELADANAN GURU PENDIDIKAN AGAMA KRISTEN TERHADAP PERILAKU KETAATAN BELAJAR SISWA DI SMP NEGERI 46 SURABAYA. Other thesis, Sekolah Tinggi Teologi Sabda Agung.
![]() |
Text
Skripsi Apliana.doc Download (911kB) |
Abstract
Apliana Leilu Laka, Pengaruh Keteladanan Guru Pendidikan Agama Kristen terhadap Perilaku Ketaatan Belajar Siswa di SMP Negeri 46 Surabaya. Pembimbing (I) Melyarmes H. Kuanine, M Pd.K (II) Syarah Y.I. Faot, M. Th. Keteladanan adalah suatu upaya yang dilakukan guru untuk memberi contoh yang dapat ditiru dan diikuti oleh siswa, sehingga siswa dapat meniru atau mencontohi teladan yang diberikan oleh gurunya. Keteladanan guru PAK dapat diwujudkan apabila guru menyadari tugas dan tanggung jawabnya sebagai seorang pengajar. Keteladanan guru dalam proses belajar mengajar merupakan faktor penentu keberhasilan siswa untuk meraih prestasi belajar di sekolah, karena keteladanan guru memberi pengaruh terhadap perilaku ketaatan belajar siswa. Keteladanan guru PAK merupakan hal yang sangat penting dalam pendidikan untuk membentuk perilaku ketaatan belajar siswa di sekolah. Perilaku ketaatan belajar siswa merupakan suatu tindakan atau perbutan yang dilakukan oleh seseorang untuk mematuhi dan menuruti perintah, aturan-aturan dan ketentuan yang berlaku. Perilaku ketidaktaatan belajar siswa merupakan masalah yang sering terjadi dalam dunia pendidikan. Perilaku ketidaktaatan belajar siswa dapat dilihat dari sikap yang dimunculkan seperti siswa bolos sekolah, tidak mengerjakan tugas, menggangu teman saat belajar, membuat keributan dalam kelas dan tidur di kelas. Guru PAK harus mampu memberi teladan yang patut ditiru oleh siswa melalui berbicara lemah lembut dan kasih sayang, berpenampilan rapi dan sopan, disiplin waktu, dan berlaku sabar. Pengaruh keteladanan guru PAK terhadap perilaku ketaatan belajar siswa dapat terlihat dari siswa memiliki kepatuhan, ketertiban, kesopanan, dan ketekunan. Dengan demikian tujuan penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh keteladanan guru PAK terhadap perilaku ketaatan belajar siswa. Siswa SMP Negeri 46 Surabaya ditetapkan sebagai objek penelitian dengan populasi 63 siswa Kristen. Namun karena populasinya sangat banyak maka sampel yang diambil adalah kelas VII, dan VIII sebanyak 47 orang. Dalam penelitian ini, metode yang digunakan untuk mengukur Pengaruh Keteladanan Guru PAK terhadap Perilaku Ketaatan Belajar Siswa yaitu menggunakan metode kuantitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, kuesioner (angket), wawancara dan dokumentasi. Pengumpulan data dilakukan untuk mengetahui pengaruh variabel X terhadap variabel Y. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan di SMP Negeri 46 Surabaya mengenai Pengaruh Keteladanan Guru PAK terhadap Perilaku Ketaatan Belajar Siswa dari hasil uji hipotesis diketahui nilai Fhitung = 0,003 dengan nilai signifikansi 0,960 > 0,05, dengan demikian variabel X memiliki pengaruh yang signifikansi terhadap variabel Y. Oleh karena itu, dapat ditarik kesimpulan bahwa Keteladanan Guru PAK (X) sangat berpengaruh terhadap Perilaku Ketaatan Belajar Siswa (Y) di SMP Negeri 46 Surabaya. Pengaruh keteladanan Guru PAK di SMP Negeri 46 Surabaya terhadap perilaku ketaatan belajar siswa dapat menjadi contoh guru PAK lainnya. Kata Kunci: Keteladanan Guru PAK, Perilaku Ketaatan Belajar Siswa
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Keteladanan Guru PAK, Perilaku Ketaatan Belajar Siswa |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Depositing User: | Unnamed user with email info@sttsabdaagung.ac.id |
Date Deposited: | 23 Mar 2023 06:21 |
Last Modified: | 23 Mar 2023 06:21 |
URI: | http://repository.sttsabdaagung.ac.id/id/eprint/62 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |