PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA KRISTEN TERHADAP TINGKAT PEMAHAMAN SISWA DI SMPTK BUDI MULIA GRESIK

Desmon, Mau (2023) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA KRISTEN TERHADAP TINGKAT PEMAHAMAN SISWA DI SMPTK BUDI MULIA GRESIK. Other thesis, Sekolah Tinggi Teologi Sabda Agung.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul: Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran PAK Terhadap Tingkat Pemahaman Siswa, yang ditulis oleh Desmon Mau dengan NIM: 160807 Jurusan Pendidikan Agama Kristen. Dalam upaya untuk meningkatkan tingkat pemahaman siswa, maka dimulai dari seorang guru. Guru merupakan salah satu faktor penentu tinggi rendahnya kualitas pendidikan. Sebab pada hakekatnya keberhasilan pada penyelenggaraan pendidikan sangat ditentukan oleh sejauh mana guru mempersiapkan peserta didik serta menyediakan media pembelajaran. Penggunaan media pembelajaran PAK merupakan salah satu cara yang dapat dipakai oleh seorang guru dalam melaksanakan tugasnya di sekolah. Media pembelajaaran juga digunakan untuk menyampaikan sesuatu yang abstrak sehingga menjadi lebih konkrit dan nyata supaya tidak menjadi kebingungan bagi para siswa. Tingkat pemahaman siswa merupakan hal penting yang sangat dijunjung tinggi di dalam sebuah lembaga atau instansi. Karena itu maka guru harus menjelaskan materi pembelajaran dengan menggunakan media supaya siswa lebih bergairah untuk terus belajar. Sehingga konsentrasi pada apa yang diajarkan dapat terserapi di dalam pemahamannya dan membuatnya merasa nyaman dan tidak merasa bosan berada di dalam kelas. tidak hanya sampai disini saja tetapi juga dapat menumbuh kembangkan kemampuan mengartikan, memahami, menerjemahkan, menafsirkan makna yang terkandung di dalam pembelajaran dan juga mampu berekstrapolasi, mengaplikasikan, menganalisa, dan menerapkan apa yang suda dipelajari yakni melihat dibalik yang tertulis, tersirat dan tersurat dalam memperluas pemahaman sebagai pribadi yang lebih bertanggung jawab dalam melaksanakan tugas seorang pelajar. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk membuktikan bahwa apakah metode Penggunaan Media Pembelajaran PAK memberi pengaruh positif Terhadap Tingkat Pemahaman Siswa di SMPTK Budi Mulia Gresik. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif. Teknik yang dilakukan adalah melalui observasi, wawancara dan kuisioner atau angket yang ditujukan kepada responden. Responden adalah seluruh siswa SMPTK Budi Mulia Gresik dengan jumlah tiga puluh tiga orang. Teknik analisa data menggunakan analisis kuantitatif untuk mengetahui presentase dari Pengaruh Pengguaan Media Pembelajaran PAK Terhadapa Tingkat Pemahaman Siswa. Hasil analisa data menunjukkan bahwa metode Penggunaan Media Pembelajaran PAK merupakan metode yang sangat berpengaruh positif TerhadapTingkat Pemahaman Siswa sehingga tidak ada alasan bagi para pendidik untuk terus menerapkan metode tersebut di sekolah sehingga perilaku sosial siswa dari para peserta didik semakin meningkat dan maksimal. Kata Kunci: Media Pembelajaran PAK, Tingkat Pemahaman Siswa

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran PAK, Tingkat Pemahaman Siswa
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Arsitektur, Desain, dan Perencanaan > Pendidikan Agama Kristen
Depositing User: Unnamed user with email info@sttsabdaagung.ac.id
Date Deposited: 01 Sep 2023 13:43
Last Modified: 01 Sep 2023 13:43
URI: http://repository.sttsabdaagung.ac.id/id/eprint/77

Actions (login required)

View Item View Item